Creative Discovery – Pameran penemuan ide kreatif bisnis dan karya seni mahasiswa UIC College

MAHASISWA UNISADHUGUNA INTERNATIONAL EDUCATION MENGUNGKAP HARTA KARUN INDONESIA DALAM BENTUK FESTIVAL KREATIF
October 14, 2014
Show all

Creative Discovery – Pameran penemuan ide kreatif bisnis dan karya seni mahasiswa UIC College

Kamis 22 Januari 2015, Unisadhuguna International College (UIC College) mengadakan Creative Discovery (Art, Fashion & Culinary) di kampus UIC College yang terletak di Gedung Sequis Centre – Jl. Jendral Sudirman Kav 71. Acara hari ini menampilkan penemuan kreatif mahasiswa UIC yang berupa konsep bisnis baru dan karya seni. Mahasiswa UIC dari jurusan bisnis menampilkan ide bisnis mereka secara nyata yang dikemas dalam bentuk Bazaar Fashion, Kuliner dan Seni, sedangkan mahasiswa jurusan desain menggelar pameran seni yang menampilkan beragam kekayaan Negara Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari penilaian tugas akhir semester Mahasiswa UIC College. Beberapa rangkaian acara menarik seperti Workshop dan Kompetisi Pembuatan Merek yang melibatkan siswa SMA pun turut melengkapi acara tersebut.

UIC College menjalankan program studi praktikal yang bertujuan melatih mahasiswa untuk siap menghadapi dunia nyata nantinya. “Kurikullum kami mempergunakan 40% teori dan 60% praktek, setiap semester mahasiswa UIC di minta untuk membuat ide dan konsep inovasi baru dan menuangkannya dalam bentuk nyata, hal ini bertujuan membekali mahasiswa kami pengetahuan teknis dan soft skill yang dibutuhkan mereka saat melanjutkan kuliah keluar negeri, ataupun bekerja nantinya setelah lulus, baik sebagai karyawan maupun sebagai pengusaha” kata Ario Muliawan, Head of Campus UIC College.

Pada kesempatan ini mahasiswa dari UIC jurusan desain memperlihatkan hasil karya seni mereka yang di beri judul “The Indonesian Heritage”, pameran seni ini pun mengungkap kekayaan dari Negara Indonesia baik dibidang seni, kuliner dan budaya.Contohnya salah satu mahasiswa UIC Design menampilkan Poster Sate Klatak dari Yogjakarta dalam bentuk promosi yang lebih modern. Sedangkan mahasiswa jurusan bisnis yang diwajibkan untuk membuat perusahaan ,menampilkan dan menjual produk bisnis ciptaan mereka langsung ke pengunjung acara tersebut, pun menampilkan beragam ide bisnis baru yang inovatif. Contohnya salah satu mahasiswa UIC mempunyai ide untuk membikin stall Es Krim Potong seperti yang biasa di jual di Orchad Road Singapore dan dijual ditaman – taman kota yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Sebagai rangkaian acara, UIC juga mengadakan kegiatan Talk Show dan Workshop yang mengangkat penemuan inovasi bisnis kreatif di Indonesia.Salah satu pembicara, Ari Galih Gumilang, adalah penemu dari salah satu bisnis kuliner yang sedang marak dan di gemari di Jakarta yaitu Jakarta-Foodtruck. Ari mengungkap perjalanannya menemukan inovasi bisnis yang membawa trend baru untuk Indonesia, Ari juga membuka kunci dalam meraup pasar dengan sukses. UIC juga mengundang Agrementa Tarigan – Account Director of InConcept Synergy yang telah banyak membantu klien ritel besar multinational memasuki pasar Indonesia, Agree memberikan paparan mengenai proses dan teknis yang di perlukan untuk merubah suatu produk yang biasa menjadi luar biasa, workshop ini diberi judul “ how to turn a product into a brand”. Siswa SMA dari Uniprep Junior College dan Sekolah Global Prestasi turut menghadiri Talkshow tersebut. Keseluruhan rangkaian hari ini bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk terus termotivasi menemukan hal kreatif yang dapat membawa perubahaan positif di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat